Kamis, 29 Mei 2014

Jika Anda saat ini baru mau memulai usaha budidaya jamur tiram. Pada tipe manakah Anda akan berkecimpung? Ya, secara garis besar terdapat dua tipe bila Anda memutuskan untuk melakukan usaha budidaya jamur tiram.

Tipe pertama Anda melakukan budidaya jamur tiram dengan membuat baglog (media jamur tiram) sendiri dan tipe kedua Anda melakukan budidaya jamur tiram dengan membeli baglog kepada produsen baglog jamur tiram.
Perbedaan tipe pertama dan kedua adalah, kalau tipe pertama Anda bisa mendapatkan profit lebih besar dibandingkan dengan tipe kedua, karena tipe kedua memerlukan modal yang jauh lebih besar jika ingin mendapatkan profit besar.
Namun selalu ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Tipe pertama memang modal untuk memulai bisnis ini lebih kecil jika dibandingkan dengan tipe kedua, tetapi resikonya jauh lebih besar karena jika Anda gagal membuat baglog putih maka uang Anda akan habis dalam sekejap.

Sedangkan tipe kedua walaupun modalnya jauh lebih besar dengan keuntungan yang tipis, namun resikonya bisa dibilang tidak ada karena bila Anda membeli baglog putih (siap panen), maka Anda tinggal melakukan perawatan dan panen bisa dilakukan setiap harinya.

Petani yang membudidayakan jamur tiram dengan membuat baglognya sendiri. Nah, jika Anda akan melakukan budidaya jamur tiram pada golongan tipe pertama, berarti Anda harus sedikit mengerti terlebih dahulu dengan yang namanya bibit jamur tiram, ya dikarenakan Anda pasti akan bergaul dengan bibit jamur tiram apabila masuk pada tipe pertama.

Bibit jamur tiram itu terdiri dari empat bagian yakni F0, F1, F2 dan F3. Bagi yang masih sangat awan dengan ini, mungkin Anda sedikit bingung dengan F berapa yang akan Anda pakai untuk membuat baglog jamur tiram Anda dan mungkin bertanya-tanya bibit jamur tiram F berapakah yang paling bagus?

Sedikit saya jelaskan terlebih dahulu garis besarnya mengenai F0, F1, F2 dan F3. Jadi F0 itu adalah kultur murni indukan jamur tiram yang bahannya biasanya terdiri dari agar-agar murni, rumput laut, kentang dan gula (glukosa). F0 merupakan bibit indukan (makanya harganya paling mahal) yang bisa diturunkan ke F1, lalu F1 bisa diturunkan ke F2 dan F2 bisa diturunkan lagi ke F3.

Semakin besar nilai F, maka semakin lemah miseliumnya (lihat pengertian ilmiah miselium di wikipedia – secara sederhana miselium adalah organisme pembentuk jamur tiram nantinya yang berwarna putih). Namun, semakin besar nilai F maka semakin murah harganya karena miseliumnya terus diturunkan atau diperbanyak.

Jadi bibit jamur tiram yang paling bagus untuk dibuatkan ke baglog adalah F1, karena miseliumnya masih sangat kuat sekali, sehingga nantinya jamur tiram yang tumbuh pada baglog bisa lebih banyak, akan tetapi jika Anda membuat baglog menggunakan bibit jamur tiram F1, maka ongkos produksinya terhitung jauh lebih besar bila Anda memakai F2 atau F3.
Tetapi jika ingin melakukan yang paling bijak, F2 lah yang paling tepat. Karena bibit F2 harganya lumayan lebih murah dan miselium masih bagus. Sedangkan F3 cocok bagi Anda yang ingin menekan ongkos produksi karena jauh lebih murah, namun harus ekstra hati-hati dalam pembuatannya dikarenakan miseliumnya paling lemah, sehingga tingkat kegagalan lebih besar dibanding F yang sebelum-sebelumnya.
source: http://www.rudimenulis.com
Perbedaan tipe pertama dan kedua adalah, kalau tipe pertama Anda bisa mendapatkan profit lebih besar dibandingkan dengan tipe kedua, karena tipe kedua memerlukan modal yang jauh lebih besar jika ingin mendapatkan profit besar - See more at: http://www.rudimenulis.com/2013/07/bibit-jamur-tiram.html#sthash.UyDFnylD.dpuf
Perbedaan tipe pertama dan kedua adalah, kalau tipe pertama Anda bisa mendapatkan profit lebih besar dibandingkan dengan tipe kedua, karena tipe kedua memerlukan modal yang jauh lebih besar jika ingin mendapatkan profit besar - See more at: http://www.rudimenulis.com/2013/07/bibit-jamur-tiram.html#sthash.UyDFnylD.dpuf

3 komentar:

  1. Bang,untuk daerah Tanah Bumbu kalau mau beli bibit(baglog)dimana ya,yg terdekat & terjamin juga pastinya.

    BalasHapus
  2. Monggo mas wa aja 08783476948. Ready baglog siap panen

    BalasHapus
  3. Bang
    Tuk f2 biasa berapa harga baglog ny?

    BalasHapus